Irfan Satria

mengenai kehidupan sang penulis

Cari Blog Ini

Membuat Program Faktorial Sederhana Dengan Qbasic

Pada tutorial kali ini saya akan membuat sebuah program perhitungan factorial yang nilainya di input dahulu kemudian di realisasikan menjadi perhitungan factorial dengan menggunakan function dalam program q basic.

Sebelum kita membuat listing program hendaknya kita masukan statement CLS untuk menghapus layar output sebelumnya. Setelah itu kita buat dahulu function dahulu yaitu ketik DECLARE FUNCTION factorial! (x!). kemudian deklarasikan variable a sebagai single. Setelah itu kita input nilainya dahulu dengan perwakilan variable a . kemudian tampilkan lambang factorial dengan statement PRINT a; “! = “ ; factorial (a) artinya kita akan menampilkan nilai yang telah di input kemudian di ikuti dengan factorial.

Setelah itu kita buat sub faktorialnya yaitu dengan mengetik statement FUNCTION factorial (x) , setelah itu deklarasikan variable hasil sebagai DOUBLE. Setelah itu buat pernyataan hasil = 1 sebagai awal. Kemudian buat statement perulangan dengan variable i yaitu FOR I = 1 TO x dan dilanjutkan dengan mencari nilai hasil = hasil * i lalu ketik NEXT i untuk perulangan variable i dan tetapkan bahwa factorial = hasil lalu akhiri program dengan statement END FUNCTION.


Source codenya adalah sebagai berikut :

DECLARE FUNCTION faktorial! (x!)
CLS
DIM a AS SINGLE
INPUT "masukan nilai :", a
PRINT a; "! ="; faktorial(a)
END

FUNCTION faktorial (x)
DIM hasil AS DOUBLE
hasil = 1
FOR i = 1 TO x
hasil = hasil * i
NEXT i
faktorial = hasil
END FUNCTION

silahkan di compile dan run

0 komentar:

Posting Komentar